Jumat, 07 Juni 2019

Merawat Hamster untuk Pemula




1. Berikan tempat yang cukup luas

Beri hamster lahan yang luas, meskipun mereka mungkin sering tertidur, hamster sangat aktif dan membutuhkan banyak ruang untuk berlari agar mereka terangsang dan bahagia. Anda harus membuat kandang hamster sangat luas karena pada habitat aslinya hamster dapat berlari sejauh 5 km dalam sehari. Ukuran minimum yang disarankan untuk kandang adalah 30 cm (tinggi), 25 cm (lebar) dan 30 cm (panjang), namun semakin besar semakin baik.
Kandang kawat, kandang plastik, dan tangki ikan yang dikonversi adalah rumah yang bagus untuk hamster. Ada kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing. Pastikan alas kandang memiliki  kedalamannya minimal 3-5 cm dan ditutupi dengan pencukur kayu bebas debu atau bahan bersarang yang aman, atau media lainnya. Cobalah untuk menyediakan alas dengan kedalaman sekitar 6 cm sehingga hamster bisa menggali ke dalamnya.

2. Berikan makanan baik biji - bijian, sayuran dan air

- Meskipun hamster Anda akan sangat aktif dan memiliki metabolisme yang cepat, ia masih bisa menjadi kelebihan berat badan jika Anda memberinya makan berlebih. Umumnya Anda harus menyediakan sekitar satu sendok makan pelet atau campuran biji setiap hari sebagai inti dari makanannya. Anda bisa menambahkan sayuran sesekali sebagai hadiah.
Ini akan membuatnya hamster kenyang, namun Anda harus mengawasi seberapa banyak dia makan dan cenderung memberikan camilan dalam jumlah kecil.

- Jika sayuran menyebabkan bau dan memperburuk kondisi kandang, singkirkanlah makanan yang tidak dimakan. Anda juga dapat memberikan beberapa suguhan keras, seperti biskuit anjing kecil, cabang dari pohon buah-buahan, atau suguhan yang diproduksi secara komersial yang membantu melemahkan giginya.Hanya berikan suguhan keras seperti ini seminggu sekali. Ingatlah bahwa hamster menyimpan makanan mereka di toko tersembunyi, jadi mangkuk kosong tidak berarti ia kehabisan makanan. Pastikan selalu ada air minum yang bersih. Gunakanlah air minum yang Anda konsumsi untuk menjaga hamster Anda tetap sehat dan bahagia. Pastikan untuk membersihkan botol dan nozzle secara teratur untuk menghindari kemungkinan kontaminasi.


3. Sediakan mainan


Sediakanlah roda hamster, karena hamster senang berolahraga dalam kandang yang relatif kecil, jumlah yang bisa mereka habiskan terbatas. Roda yang diperuntukkan bagi tikus memiliki diameter besar dan merupakan pilihan yang baik untuk hamster Anda. Seperti halnya roda hamster, mendapatkan bola hamster dapat membuatnya berlari untuk waktu yang lebih lama. Ini juga cara yang menyenangkan untuk mengeluarkannya dari kandangnya. Pastikan Anda terus mengawasinya dan tidak ada ruang bagi hewan lain ( bukan hamster ) untuk berada di dalam ruangan bersama Anda. 




4. Tempat persembunyian

Hamster membutuhkan tempat persembunyian, karena hamster sangat sensitif terhadap suara dan cahaya frekuensi tinggi . Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati ketika menemukan tempat untuk kandangnya. Jangan letakkan kandang di ruangan tempat lampu menyala dan mati sepanjang malam. Hewan malam membutuhkan kegelapan di malam hari. Jauhkan kandang dari televisi dan layar komputer serta dari peralatan keras seperti pembersih vaksin, yang bisa sangat menyusahkan hamster.


5. Suhu yang normal

Jauhkan kandang dari panas dan dingin yang ekstrem. Tempat Anda meletakkan kandang merupakan faktor penting dalam kesehatan dan kebahagiaan hamster. Jangan letakkan kandang di tempat yang terkena banyak panas, seperti di sebelah radiator atau panas matahari. Sama pentingnya untuk memastikan bahwa kandang tidak berada di tempat yang dingin atau berangin. Jika berada di tempat yang agak dingin, pastikan untuk menyediakan tempat tidur tambahan untuk kehangatan.




6. Berikan hamster jalan jalan

Salah satu cara untuk memberikan hamster kebahagiaan dengan memberi kesempatan untuk keluar dari kandangnya dan terbiasa menghabiskan waktu bersama Anda. Dengan memasang alat bermain yang aman di rumah Anda seperti hamster ball atau hamster tube. Untuk melakukan ini, cari area lantai yang datar dan bersih dan pastikan ia tertutup sehingga hamster tidak bisa melarikan diri. Dia akan menikmati berlari di sekitar ruang yang lebih terbuka, tetapi pastikan untuk terus mengawasinya. Sabar dan biarkan dia menjelajahi area dengan langkahnya sendiri. Setelah dia merasa lebih nyaman, Anda bisa bermain bersama ( menjadi hal lain untuk didaki ). Kotak permainan  juga cara yang baik untuk menyediakan area untuk bermain di luar kandang


7. Buat hamster mengenal pemiliknya

Kenali hamster dan luangkan waktu Anda untuk mengamati hamster serta mengenal kepribadian dan tingkah lakunya. Beberapa hamster akan pemalu dan tertutup, dan Anda harus bersabar saat ingin bermain dengannya dan tidak mengganggunya secara berlebihan jika ini masalahnya. Jika hamster Anda mencicit, itu bisa menandakan bahwa ia gelisah atau cemas. Ini bisa terjadi terutama ketika hamster diperkenalkan ke lingkungan baru. Setelah hamster sangat nyaman melakukannya, mulailah mengangkat tangan sedikit di atas lantai.

- Jika hamster Anda terlalu takut, kembalilah dengan memberikan camilan melalui tangan Anda.
- Jika dia melompat dari tanganmu dia tidak akan terluka.
- Jika dia tertekan atau menggigit Anda, taruh saja dia dan beri dia hadiah. Setiap kali Anda mencoba mengambil hamster, Anda harus mengambilnya dari bawah.
- Jangan pernah mengganggunya saat dia tidur.


8. Ajak hamster bermain

Jika Anda ingin memegang hamster, penting bagi Anda untuk bersikap tenang dan sabar, dan jangan mencoba memegang terlalu sering. Anda bisa mulai dengan memberi hamster camilan dari tangan Anda. Letakkan tangan Anda rata di tanah dan biarkan hamster terbiasa dengannya. Berikan hamster Anda makanan. Jika hamster takut, angkat tangan perlahan beberapa hamster lebih gugup daripada yang lain. Seiring waktu Anda akan menemukan bahwa dia menjadi lebih nyaman dan berjalan ke tangan Anda tanpa ragu-ragu.


9. Berikan hamster mainan untuk di gerogoti.

Pastikan ada beberapa hal untuk dimainkan. Hamster suka bermain dan membutuhkan barang-barang di kandang mereka agar tetap terstimulasi dan sibuk. Mainan kunyah kayu menawarkan aktivitas yang menyenangkan dan juga membantu menjaga giginya tetap sehat. Pastikan Anda hanya menggunakan kayu yang aman untuk hewan peliharaan. Anda juga bisa membuat mainan di rumah. 


10. Sediakan bak mandi pasir dan bersihkan kandang hamster secara teratur

Bersihkan kandang secara teratur dan biarkan hamster memberisihkan dirinya. Penting bagi hamster untuk mandi dengan pasir mandi serta membersihkan kandang secara teratur untuk memastikan kandangnya tetap sehat bagi hamster Anda. Coba bersihkan kandang dan bak pasir seminggu sekali. Jika Anda membersihkan kandang terlalu sering atau jarang, hal itu dapat menyebabkan kesusahan bagi hamster Anda.




1 Komentar:

Pada 25 Februari 2020 pukul 18.07 , Blogger Unknown mengatakan...

Look at the way my friend Wesley Virgin's adventure starts with this shocking and controversial video.

Wesley was in the military-and soon after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get anything they want.

As it turns out, these are the EXACT same methods lots of celebrities (especially those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and successful.

You probably know how you use only 10% of your brain.

That's mostly because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

Perhaps this conversation has even taken place IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about 7 years back, while driving a non-registered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a driver's license and on his bank card.

"I'm absolutely frustrated with living payroll to payroll! Why can't I become successful?"

You've been a part of those those thoughts, isn't it so?

Your own success story is going to happen. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

Take Action Now!

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda