Selasa, 11 Juni 2019

Contoh dan Kerangka Teks Ceramah


Pentingnya Jiwa Sosial Pada Remaja

Om Swastyastu , Assalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat pendiri sekaligus pengurus Panti Asuhan Surya Bakti ,  teman – teman yang saya cintai serta hadirin sekalian.
Puji syukur kita kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan karunianya kita bisa berkumpul disini dalam acara Bakti Sosial Panti Asuhan Surya Bakti.Pada kesempatan yang sangat berharga ini saya akan membicarakan tentang  Jiwa sosial Pada Remaja.
Dewasa ini  penting sekali untuk memiliki jiwa sosial bukan saja di lingkungan keluarga , sekolah maupun juga masyarakat. Jiwa sosial dibentuk dilingkungan yang paling dekat dengan kita , yaitu: keluarga, sanak saudara, bahkan juga dilingkungan sekitar rumah kita. Karena dengan jiwa sosial yang ditanamkan sejak kecil, maka terjalinlah rasa peduli ,  saling tolong menolong, dan kasih sayang. Jiwa sosial dapat diartikan sebagai sikap yang menggambarkan kepedulian untuk melakukan sesuatu kepentingan kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan. Hadirin sekalian patut menyadari bahwa memiliki jiwa sosial dan menanamkannya pada anak , saudara bahkan teman – teman sangatlah penting . Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haknya. Karena seseorang yang mempunyai jiwa sosial maka akan tertanam rasa senasib sepenanggungan. Bila kita berada dalam keadaan yang berlebih, maka hendaklah menjadin orang yang murah tangan. Suka memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan.
Di zaman ini masyarakat banyak mengeluhkan kejadian – kejadian buruk yang dilakukan oleh remaja, hal ini disebabkan oleh kurangnya jiwa sosial dan rasa bertanggung jawab sehingga remaja kini semakin tidak terkendali tindakannya . Contoh kasus pemakaian narkoba, tawuran, pencurian, bahkan pembunuhan dilakukan oleh kaum remaja. Tidak sedikit diantara mereka yang mempunyai tingkat pendidikan yang baik, berasal dari keluarga yang berkecukupan, bahkan tidak sedikit diantara mereka merupakan publik figur yang di idolakan oleh banyak remaja lainnya. Penyebab rusaknya moral remaja saat ini cenderung disebabkan oleh pembentukan mental serta karakter yang kosong, dimana para remaja tersebut tidak mempunyai pegangan dalam menjalankan hidup. Tidak adanya landasan agama yang kuat serta kurangnya bimbingan dan kasih sayang dari orang tua juga disinyalir sebagai pokok permasalahan ini. Kondisi seperti ini harus segera diatasi demi kebaikan kita bersama. Peranan orang tua dalam membina, mendidik, serta membentuk karakter para remaja sangatlah dominan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Karena bisa jadi, tempat yang mereka anggap nyaman tersebut merupakan pergaulan yang salah sehingga bisa mempengaruhi karakter dan mental anak di masa yang akan datang
Oleh karena itu , kita tidak boleh berhenti untuk menanamkan dan berusaha membangun jiwa sosial pada anak maupun sanak saudara kita  Dengan mengajarkan untuk saling peduli , tolong menolong dan memberikan bantuan bagi orang yang membutuhkan maka timbulah rasa kasih sayang dan peduli sehingga tidak terjadi lagi penurunan moral para remaja sehingga kita akan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, dapat hidup dengan lebih nyaman, serta terjaminnya masa depan negara tercinta ini.
Demikian ceramah dari saya, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kita semua. Saya mohon maaf apabila terdapat perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian terimakasih,
Om Santih,Santih,Santih , Om , Wassalamu'alaikum Wr. Wb , Salam Sejahtera untuk kita semua

Kerangka Teks Ceramah Jiwa Sosial Pada Remaja

1. Salam : Om Swastyastu , Assalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera untuk kita semua

2. Sapa : Yang terhormat pendiri sekaligus pengurus Panti Asuhan Surya Bakti ,  teman – teman yang saya cintai serta hadirin sekalian .

3. Syukur : Puji syukur kita kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan karunianya kita bisa berkumpul disini dalam acara Bakti Sosial Panti Asuhan Surya Bakti.

4. Topik : Jiwa sosial Pada Remaja

5. Susunan kerangka materi :
a. Manfaat jiwa sosial bagi anak : Jiwa sosial dibentuk dilingkungan yang paling dekat dengan kita , yaitu: keluarga, sanak saudara, bahkan juga dilingkungan sekitar rumah kita. Karena dengan jiwa sosial yang ditanamkan sejak kecil, maka terjalinlah rasa peduli ,  saling tolong menolong, dan kasih sayang.
b. Pengertian jiwa sosial : Jiwa sosial dapat diartikan sebagai sikap yang menggambarkan kepedulian untuk melakukan sesuatu kepentingan kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan.
c. Dampak tidak adanya jiwa sosial : Di zaman ini masyarakat banyak mengeluhkan kejadian – kejadian buruk yang dilakukan oleh remaja, hal ini disebabkan oleh kurangnya jiwa sosial dan rasa bertanggung jawab sehingga remaja kini semakin tidak terkendali tindakannya . Contoh kasus pemakaian narkoba, tawuran, pencurian, bahkan pembunuhan dilakukan oleh kaum remaja. Tidak sedikit diantara mereka yang mempunyai tingkat pendidikan yang baik, berasal dari keluarga yang berkecukupan, bahkan tidak sedikit diantara mereka merupakan publik figur yang di idolakan oleh banyak remaja lainnya.
d. Peran orang tua dalam menanamkan jiwa sosial pada anak : Peranan orang tua dalam membina, mendidik, serta membentuk karakter para remaja sangatlah dominan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Karena bisa jadi, tempat yang mereka anggap nyaman tersebut merupakan pergaulan yang salah sehingga bisa mempengaruhi karakter dan mental anak di masa yang akan datang
e. Penyebab timbulnya perilaku buruk anak :
- Pergaulan anak
- Pembentukan karakter serta mental yang kosong
- Kesibukan orang tua dalam bekerja

6. Simpulan : Oleh karena itu , kita tidak boleh berhenti untuk menanamkan dan berusaha membangun jiwa sosial pada anak maupun sanak saudara kita . Dengan mengajarkan untuk saling peduli , tolong menolong dan memberikan bantuan bagi orang yang membutuhkan maka timbulah rasa kasih sayang dan peduli sehingga tidak terjadi lagi penurunan moral para remaja sehingga kita akan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, dapat hidup dengan lebih nyaman, serta terjaminnya masa depan negara tercinta ini.
   
7. Saran dan Ajakan :
a. Ajakan untuk menanamkan jiwa sosial pada anak :  Oleh karena itu , kita tidak boleh berhenti untuk menanamkan dan berusaha membangun jiwa sosial pada anak maupun sanak saudara kita .
b. Saran untuk menjalin hubungan yang baik dengan anak : Peranan orang tua dalam membina, mendidik, serta membentuk karakter para remaja sangatlah dominan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak.
8. Maaf : Demikian ceramah dari saya, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kita semua. Saya mohon maaf apabila terdapat perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.
9. Salam : Om Santih,Santih,Santih , Om , Wassalamu'alaikum Wr. Wb , Salam Sejahtera untuk kita semua

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda